Jelajahi Web

Mangrove dan Nelayan

Kaitan hutan mangrove dan nelayan sangatlah erat. Namun, banyak orang yang tidak sadar akan hal ini. Sehingga banyak hutan mangrove ditebang untuk perluasan bisnis tambak, reklamasi pantai, dan juga kepentingan tata kota yang langsung berhadapan dengan laut.

Sebelum lebih jauh saya menjelaskan kaitan keduanya, harus diketahui dulu apa itu mangrove.

Hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau, dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Ekosistem hutan bakau bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah; salinitas tanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi.

Hutan mangrove terdapat di sepanjang garis pantai di kawasan tropis, dan menjadi pendukung berbagai jasa ekosistem, termasuk produksi perikanan dan siklus unsur hara.

Namun luas hutan mangrove telah mengalami penurunan sampai 30–50% dalam setengah abad terakhir ini karena pembangunan daerah pesisir, perluasan pembangunan tambak dan penebangan yang berlebihan.

Besarnya emisi karbon akibat hilangnya mangrove masih belum diketahui dengan jelas, sebagian karena kurangnya data berskala besar tentang jumlah karbon yang tersimpan di dalam ekosistem ini, khususnya di bawah permukaan.

Kaitannya dengan nelayan sendiri terkait dengan tangkapan ikan. Hutan mangrove merupakan satu wilayah dimana induk ikan bertelur. Nah jika hutan mangrove di satu daerah sudah berkurang, maka pendapatan nelayan juga akan berkurang.

Jadi, bagi masyarakat pesisir yang hidupnya bergantung pada tangkapan ikan, sudah menjadi kewajiban untuk tidak merusak hutan mangrove.

Mudah-mudahan manfaat.

0 Response to "Mangrove dan Nelayan"