Jelajahi Web

Antara Kebakaran Hutan dan Pembakaran Hutan

Ini hanya imaginasiku. Saya hanya mencoret-coret.

Asap kini menjadi tren. Tren karena menjadi bencana bagi umat manusia. Ya, asap akibat kebakaran hutan kata media-media di sana-sini.

Judul pemberitaan yang mengatakan kebakaran hutan seolah mengutuk hutan sebagai biang keladinya. Hutan yang selama ini diam, tiba-tiba menjadi tokoh kerusakan terhadap dirinya.

Setahu saya, dari seluruh aktivitas hutan, tidak ada satu pun yang bisa menimbulkan percikan api. Bahkan di musim kemaru panjang sekali pun. Burung hanya berkicau, pohon hanya menggugurkan daun di kemarau, belukar pun tak pandai mementik korek api.

Terus, apa iya karena hutan manusia tersiksa dengan asap? Sudah sangat pasti bukan menjadi biang dari semua bencana yang ada.

Kita. Ya, kitalah manusia yang memang sengaja mengganti oksigen dengan asap. Kita yang membuat hutan lemah dan rapuh. Hanya kita pula yang bisa menghasilkan api dan pandai membakar.

Jadi, bukan salah hutan. Salah manusia. Manusialah yang mengakibatkan kebakaran terjadi dihutan. Jadi salah jika dikatakan kebakaran hutan, tapi tepatnya pembakaran hutan.

0 Response to "Antara Kebakaran Hutan dan Pembakaran Hutan"